Niela Sary Resto Juaranya Nasi Merah Wonosari Sego Abang Gunung Kidul Peraih Juara I Piala Menteri Pariwisata

Sego Abang atau Nasi Merah

 nasi-merah-sego-abang

hubungi-niela-sary-resto

Niela Sary Resto sangat berpengalaman dalam mengolah masakan tradisional ini menjadi sangat stimewa terbukti dari banyaknya piala memasak yang didapat dan pernahmeraih juara  pertama yang diadakan oleh Dinas pariwisata yang waktu itu menteri nya adalah jero wacik.  Menangnya Niela Sary Resto terhadap ajang lomba masak ini membuktikan bahwa masakan tradisional nasi merah wonosari yang satu ini memang memiliki rasa yang lezat  sekaligus mengalahkan peserta lain yang memasak dengan menu lain yang memasak berbagai macam mulai dari masakan lokal hingga Internasional. Nasi merah yang diolah oleh niela sary resto berasal dari jenis beras merah yang bagus sehingga tidak jarang resto ini banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, pejabat hingga artis. Namun harga yang ditawarkan relatif murah dengan rasa yang enak. Jadi jika anda sedang dalam perjalanan ke Gunungkidul silahkan mampirdan mencicipi aneka masakan kuliner khas Gunung Kidul.

Nasi merah jogja merupukan masakan khas asli  jogja namun secara lebih tepat sebenarnya masakan yang satu merupakan asli dari kuliner gunungkidul salah satu kabupaten  dari provinsi Daerah Istimewa yogyakarta. Jika biasanya dalam sehari-hari kita menyantap nasi yang berwarna putih maka ketika anda berkunjung di Niela Sary resto Gunungkidul anda akan disuguhi dua pilihan menu nasi yaitu nasi putih dan nasi merah.

Salah satu pengalaman yang menarik banyak tamu-tamu lokal maupun asing yang sangat menikmati sajian kami salah satunya adalah nasi merah. Tak jarang turis asing yang kemudian justru setelah menikmati sajian kuliner nasi merah justru meminta kepada kami untuk membeli beras merah yang digunakan untuk menyajikan nasi merah kemudian meminta untuk membeli beras merah dari kami karena ingin menikmati sajian nasi merah di wilayahnya atau negaranya.

Nasi merah  dan lauknya yang cocok

Di wonosari gunung kidul sendiri nasi merah sangat enak apabila dipadukan dengan beberapa jenis masakan tradisional khas seperti sambal bawang dan juga ayam goreng atau ayam bakar kemudian untuk sayurnya sangat pas didampingi oleh sayur lombok ijo. Namun di niela sary resto lauk dan sayur yang disajikan memiliki varian yang cukup banyak sehingga pengunjung dapat memilih masakan yang cocok sesuai seleranya. Hal ini merupakan resep ramuan turun temurun gunungkidul.  Demikianlah lauk yang cocok untuk beras merah  atau nasi merah ini.

Nasi merah untuk ibu hamil

Seorang ibu yang tengah mengandung bayinya tentunya membutuhkan makanan yang baik. Namun tidak cukup hanya makanan yang baik  saja perlu asupan makanan yang mendukung kehamilannya. Salah satunya adalah nasi merah karena nasi merah mengandung banyak gizi yang bagus untuk tubuh si ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungannya dan sebagian gizi itu tidak ditemukan di dalam nasi putih yang selalu kita santap dalam sehari-hari.

Nasi Merah Kalori

Sebagai salah satu sumber pangan yang pokok selain nasi putih yaitu nasi merah tentunya mengandung kalori . Sehingga perlu sekiranya kita tahu berapa kalori atas makanan  yang kita makan dan berapa yang kita butuhkan agar tidak terjadi kelebihan kalori dalam tubuh kita. Karena jika terjadi kelebihan terhadap kalori yang melebihi kebutuhan maka kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh kita yang salah satunya akan berubah wujud menjadi lemak yang kalau dibiarkan terusmenerus dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan. Sebelum membicarakan mengenai kandungan kalori dalam nasi merah kita sebaiknya memahami dulu apa yang dimaksud dengan kalori. Kalori adalah unit satuan yang digunakan untuk mengetahui energi atau yang biasa kita gunakan untuk kekuatan tubuh atau bisa juga diartikan tenaga. Sekarang kita coba melihat berapa kalori yang dihasilkan oleh 250 gram nasi merah ? Ternyata dalam nasi merah seberat 250 gram mengandung 275 kalori.

Beras Merah

Mengapa beras jenis ini berwarna merah ? ternyata karena hal itu disebabkan secara alami aleuron  pada beras ini mengandung gen yang mana pada gen tersebut mampu menghasilkan antosianin yang mampu menjadikan warna beras ini menjadi merah secara natural. Namun jika kita mengatakan bahwa nasi jenis ini adalah nasi merah berbeda lagi dengan lidah orang barat yang menyebutnya sebagai brown rice atau lebih mengarah ke warna cokelat menurut pemahaman mereka. Beras merah sendiri dibudidayakan melalui kegiatan pertanian yang dikelola oleh petani di sawah namun juga bisa sebenarnya jika ditanam di tanah tadah hujan.

Meskipun boleh dibilang kandungan nutrisi yang terdapat dalam nasi merah itu sendiri termasuk luar biasa apabila dibandingkan dengan nasi putih namun jumlah konsumen yang rutin mengkonsumsi nasi merah ini tidak sebanyak nasi putih mungkin karena belum sepopuler nasi putih sehingga masyarakat banyak yang merasa masih asing dengan nasi yang satu ini.Mungkin karena hal itulah banyak petani lebih memilih membudidayakan padi putih dibandingkan dengan menanam padi merah. Hal itu juga terkadang menyulitkan konsumen yang ingin mengkonsumsi nasi merah namun tak jarang yang tidak mengetahui di mana dapat membelinya dikarenakan penjualnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang menjual nasi putih.

Beras Merah dengan Kualitas Terbaik

Tidak jarang banyak dari kita yang kurang mengetahui banyaknya varietas padi termasuk varietas padi yang menghasilkan beras merah yang jumlahnya untuk padi penghasil beras merah saja tak tanggung-tanggung kira-kira terdapat 187 varietas itupun hanya yang unggulan. Dari 187 varietas itu di Niela Sary Resto memilih satu jenis varietas yang paling baik menurut kehlian yang dimiliki para kokinya.

Harga Beras Merah

Tentunya melihat kwalitasnya yang lebih baik beras merah sehingga menjadi salah satu alasan mengapa harga beras merah lebih mahal apabila dibandingkan dengan nasi putih. Hal lain yang menjadikannya lebih mahal dari beras putih adalah karena lebih sukar diperoleh karena jumlah produksi pertanian beras merah lebih rendah dibanding nasi putih.

Beras merah vs beras putih

Tidak dapat dipungkiri jika rata-rata orang indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan makannya sangat bergantung kepada nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat. Bahkan sebagian akan mengatakan bahwa jika belum makan nasi serasa seolah belum makan meski sudah makan makanan lain yang sama-sama mengandung karbohidrat.

Tentunya sebagai orang yang perduli dengan kesehatan kita terkadang ingin mencari asupan makanan yang terbaik bagi tubuh kita. Semua orang tahu bahwa jenis nasi yang paling banyak kita konsumsi ini adalah jenis nasi putih,meskipun sebenarnya di seluruh belahandunia ini jenis beras sangat beragam bahkan hingga ratusan jenis sehingga yang paling baik adalah kitamencari tahu apakah memang nasi putih ini terbaik bagi tubuh kita atau tidak. Paling tidak dengan berbandingan di bawah ini kita bisa mengetahui mana nasi yang benar-benar kita perlukan untuk tubuh dengan memperbandingkannyadengan nasi merah.

  1. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih yaitu berkisar antara 14% lebih banyak.
  2. Beras merah memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan beras putih
  3. Beras merah ternyata mampu mmberikan efek menurunkan kolesterol sedangkan nasi putih tidak demikian.
  4. Beras merah lebih lama dimasak dibandingkan dengan nasi putih
  5. Beras merah juga tetap memiliki nutrisi pada bagian lapisannya sedangkan pada beras putih lapisannya hilang.
  6. Dalam hal waktu penyimpanan beras merah memiliki umur yang lebih pendek apabila dibandingkan dengan nasi putih.
  7. Beras merah memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan nasi putih dan bisa dikatakan bahwa nasi merah lebih bersahabat dengan orang yang menderita diabetes bila dibanding nasi putih.

Nah itulah tadi sedikit perbandingan mengenai nasi merah dengan nasi putih yang dapat kita amati bersama-sama sehingga kita mengetahui mana nasi yang lebih baik terhadap kesehatan tubuh kita.

Beras Merah untuk Diet

Beras yang satu ini memang sudah terkenal akan keampuhannya dalam hal menurunkan berat badan alias diet. Namun apakah hal ini memang benar adanya ? Hal ini sudah saya buktikan sendiri berdasar pengalaman diet beras merah ketika mengikuti program fitness.  Untuk diet sebenarnya cara memasak beras merah untuk diet sebenarnya sama saja dengan yang digunakan pada umunya bisa memasaknya  dengan rice cooker atau secara tradisional pun bisa. Yang perlu diperhatikan dalam diet beras merah adalah laukyang digunakan pendamping harus betul-betul yang bagus untuk mendukung diet semisal daging tanpa lemak atau sayur-sayuran. Buat anda yang mengalami kelebihan berat badan ada kandungan dalam nasi merah ini yang bernama serat,  kandungan dalam nasi merah yang satu ini bisa membantu menurunkan berat badan anda. Tentunya harus ditopang dengan pola hidup yang benar.

Manfaat Beras Merah Untuk Kecantikan

Ternyata selain membantu anda dalam memiliki tbuh yang langsing dengan nasi merah anda juga bisa menjadikan nasi yang dihasilkan dari beras merah ini menjadikan anda tampil lebih cantik. Beras yang satu ini memang mengandung antioksidan yang mana kita ketahui berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu antioksidan juga mampu membantu menangkal kerutan yang ada pada kulit kita. Namun jika anda mau cara ekstra ada cara lain yang dapat digunakanuntuk memaksimalkanpenggunaan beras merah untuk kecantikan selain secara rutin mengkonsumsinya yaitu dengan cara membuat air tajin dengan beras merah ini lalu setelah itu secara rutin anda bisa mengusapkannya pada permukaan kulit. Hal ini bukan sesuatu yang baru mengingat banyak produk kecantikan yang mulai memproduksi produk kcantikan dengan menggunakanbahan beras merah ini.

KANDUNGAN GIZI BERAS  MERAH

Beras merah sebagai bahan dari nasi merah memang tidak banyak kandungan gizi yang bisa kaya akan gizi apalagi bila dibandingkan dengan nasi putih. Wajar jika kemudian ketika saya fitnes maka instruktur saya menyarankan saya untuk mengganti nasi putih yang biasa saya kansumsi dengan nasi merah.

  1. Mangan

Karbohirat dan juga protein juga  terdapat di dalam nasi merah lalu oleh mangan ini kedua jenis nutrisi tersebut membantu agar proses pengubahannya menjadi energi lebih mudah karena itu adalah salah satu fungsinya. Selain itu zat yang satu ini memang memiliki salah satu fungsi lainnya yaitu membantu membentuk kolesterol yang baik untuk tubuh.

  1. Magnesium
  2. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat sendiri memiliki kegunaan bagi kita menjaga kesehatan Berbeda dengan nasi yang jenis karbohidratnya adalah karbohirat sederhana. Nasi merah justru mengandung karbohidrat komplek atau biasa disebut dengan karbo kompleks. Lalu apa perbedaannya dan lebih bagus mana antara kedua jenis karbohidrat itu ? Kalau berbicara tentang lamanya penyerapan tubuh maka karbohidrat sederhana lebih mudah diserap dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. Namun justru kelambatan penyerapan dinilai lebih menguntungkan bagi tubuh kita karena dapat mempertahankan insulin agar menjadi lebih stabil. Karbo kompleks juga lebih bisa menyalurkan energi ke tubuh kita dengan cara yang lebih stabil ditambah dengan keuntungan lain dari segi durasi waktu yang lebih lama. Namun selain hal itu dan juga selain dari unsur kedua jenis karbohidrat tersebut memang berbeda, perbedaan yang lain pun masih cukup banyak ditunjukkan kedua jenis karbohidrat tersebut. Oleh karenanya tidak mengherankan apabila banyak dari para ahli kesehatan yang kemudian lebih merekomendasikan karbohidrat kompleks ini dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

  1. Kalium

Tidak bisa dianggap remeh jika tubuh manusia kekurangan kalium karena dapat mengakibatkan refleks yang lambat, kelelahan dan lain sebagainya. Yang tentunya menghambat berbagai macam aktifitas. Nah zat yang salah satunya terdapat dalam nasi merah ini memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh kita.

  1. Serat

Kandungan yang satu ini memang sebenarnya hanya terdapat dalam beberapa sumber pangan seperti biji-bijian, sayuran, buah dan tumbuhan. Nah tentunya dalam nasi merah juga ada karena termasuk dalam jenis tumbuhan. Beberapa fungsi dan manfaat yang ada pada serat beberapa diantaranya adalah dapat membantu dalam mencegah kanker dan juga radang yang ada pada usus besar.

  1. Sodium

Nama lain dari  sodium adalah natrium zat yang satu ini memang merupakan zat yang banyak ditemukan baik pada makanan ataupun minuman yang sering kita konsumsi.Sodium sendiri

  1. Lemak Tak Jenuh
  2. Lemak Tak jenuh Ganda

Berbentuk cair, dan juga terdapat dalam omega 3. Dapat juga menurunkan kaadar dari kolesterol jahat atau biasa disingkat denggan LDL.

  1. Vitamin A

Vitamin jenis ini tentunya sudah kita tahu semua bahwa salah satu kemfaatannya adalah untuk kesehatan mata. Memiliki mata yang sehat tentunya akan memundahkan kita dalam beraktifitas.

  1. Vitamin B kompleks
  2. Fosfor
  3. Zat Besi

 

Begitu banyak kandungan-kandunganbermanfaat bagi tubuh yang ada dalam nasimerah maka sangat wajar apabila hal itu mendorong banyak para ahli gizi agar lebih memilih mengkonsumsi nasi merah. Karena makanan yang tepat yang kita konsumsi hari ini tentunya sangat menunjang kesehatan kita di waktu yang akan mendatang. Dengan memilih makanan-makanan yang berkualitas tentunya akan menjadikan kehatan kita pun akan menjadi lebih berkualitas.

 

Nah itulah tadi sekilas tentang ulasan produk makanan di niela sari resto yaitu nasi merah atau biasa disebut dengan sego abang khas gunungkidul yang ternyata tidak cuma enak apabila diolah dengan cara yang tepat namun juga ternyata memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga dapat menjadi alasan  agar kita mencintai kuliner khas Indonesia . Dan bangga dengan budaya kuliner nusantara yang memang kita mau melihat dari sabang sampai merauke terdapat banyak sekali jenis masakan kuliner khas yang sangat beragam sekali jumlahnya dengan berbagai rasa yang lezat. Sehingga kerap kali wisatawan asing pun sangat menyukai cita rasa kuliner Indonesia. Salah satu buktinya adalah ketika diadakan survey oleh Cable News network atau yang lebih kita kenal dengan singkatan CNN yaitu sebuah saluran berita terkemuka milik Amerika serikat tentang masakan terenak di dunia di urutan pertama adalah rendang kemudian setelah itu di ranking kedua pun indonesia masih menduduki peringkat dengan nasi gorengnya baru setelah itu ada masakan dari luar negeri yaitu Thailand. Betapa sebagian kita kadang begitu sederhana misalnya nasi goreng namun ternyata bagi banyak penduduk dunia makanan itu dipilihnya sebagai salah satu masakan paling enak. Jangan-jangan jika kita mampu menampilkan seluruh masakan kuliner di Indonesia ke kancah Internasional bukan tidak mungkin bermunculan banyak masakan nusantara lain mengisi daftar masakan tenenak di dunia.

 

Tinggalkan komentar