BELALANG GORENG MAKANAN KHAS GUNUNG KIDUL YANG MAKNYUS

Belalang Goreng

Belalang Goreng Gunung Kidul – Kami menjual berbagai macam makanan khas gunung kidul yang salah satu diantaranya adalah belalang goreng. Makanan yang satu ini memang memiliki rasa yang banyak digandrungi oleh orang Gunung Kidul sendiri ataupun oleh para pengunjung wisata di gunung kidul. Tak mengherankan jika makanan yang tergolong buat banyak orang ini menjadi buah bibir dan berkali-kali menjadi sorotan media.

Belalang Goreng Khas Niela Sary Gunung Kidul

Buat anda yang mau mencari dan membeli belalang di Gunung Kidul anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh Niela Sary yang beralamat di Jl. Pramuka No. 10 Pandansari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Niela Sary sudah terkenal di Gunung Kidul sebagai salah satu ahli masakan khas Gunung Kidul dan selain sering dikunjungi wisatawan, mancanegara, pejabat, artis dan yang tidak kalah pentingnya adalah segudang prestasi dalam hal perlombaan kuliner yang telah diraihnya. Sehingga tak mengherankan tentunya jika belalang gorengnya juga memiliki rasa yang paling enak. Di pusat oleh-oleh ini anda juga dapat menemukan banyak sekali oleh-oleh khas yang lain yang bisa anda bawa pulang. Namun jika anda berada di kota lain anda tidak sempat berkunjung ke sini anda dapat membelinya secara online yang salah satunya dapat dikirim melalui jasa pengiriman pos indonesia. Anda juga bisa melihat berapa ongkos kirimnya menuju kota anda.

Selain menjadikannya sebagai camilan anda juga bisa menjadikannya sebagai lauk yang lezat namun bisanya untuk kombinasi setelah nasi anda bisa memadukannya dengan sambal bawang yang juga memiliki rasa gurih pedas.

SEKILAS TENTANG BELALANG GORENG

Biasanya makanan yang bisanya aneh biasa kita lihat dan kita temukan namun ga perlu jauh-jauh karena di Indonesiapun ada kuliner yang tergolong menurut orang luar gunung kidul sebagai makanan ekstreem yaitu belalang goreng.

Belalang untuk sebagian orang adalah hama yang perlu dibasmi karena mengganggu tanaman para petani namun siapa mengira jika belalang ini memiliki rasa yang enak. Oleh karena itulah meski banyak orang merasa aneh dengan makanan yang satu ini namun sudah sejak lama masyarakat di Gunung Kidul sebenarnya sudah akrab dengan makanan yang satu ini bahkan bagi pecintanya mereka lebih menyukai si belalang ini bahkan jika dibandingkan dengan daging ayam sekalipun. Belalang yang dijadikan masakan ini adalah belalang kayu yang berwana cokelat atau hijau yang ukurannya tidak terlalu besar. Kalau musim hujan banyak ditemui di pohon ketela atau jagung namun kalau musim kemarau banyak ditemui di pohon jati. Yang memang banyak ditemukan di wilayah Gunung Kidul ini.Belalang ini memiliki rasa pedas manis gurih itulah pilihan rasa yang dapat dipilih. Banyak warga yang kemudian beralih profesi yang tadinya Cuma bertani sekarang sebagian banyak yang berburu dan menjual belalang goreng karena memang menguntungkan. Sampai sekarang belalang goreng asli gunung kidul ini sudah terkenal sampai ke mana-mana.

Belalang ini selain bisa diolah menjadi lauk atau sambal belalang bisa juga dibuat menjadi makanan ringan yang renyah yaitu belalang goreng. Cara pengolahan belalang ini pun bisa dibilang tidak terlalu sulit. Tinggal membersihkan sayap, kaki ( sutang ) dan juga isi perut si belalang. Kemudian tubuh si belalang ini sudah siap untuk digoreng dan dijadikan masakan yang enak tentunya.

Cita rasa belalang goreng yang gurih dan juga renyah berhasil mengubah hidup sebagian warga Gunung Kidul. Banyak orang yang awalnya menjajakan belalang goreng keliling pasar atau jalanan namun kini dapat juga ditemui di pinggir-pinggir jalan utama terutama di jalan jalur khusus wisata. Namun pada musim liburan tiba para penjual belalang kesulitan mendapatkan belalang karena stocknya rebutan dengan para pedagang lain. Sehingga tak jarang harganya pun ikut melambung. Belalang goreng inipun kini tak hanya dipasarkan di Gunung Kidul saja namun di luar Gunung Kidul pun rupanya mulai banyak yang mengkonsumsi si belalang tempur ini.Menurut ahli gizi institut pertanian bogor belalang goreng ini mengandung Protein, Kalsium dan juga magnesium tinggi namun tak hanya itu karena makanan yang satu ini juga dapat memenuhi asupan vitamin A. Selain itu kulitnya yang seperti udang mengandung zat yang bernama kitosan. Sayangnya masih banyak yang belum bisa memanfaatkan olahan belalang padahal di sejumlah negara belalang dijadikan pangan alternatif atau bahkan makanan pokok. Sebut saja meksiko dan juga thailand meski selain di kedua negara itu juga masih banyak di negara-negara lain di mana makanan yang satu ini lazim dikonsumsi. Selain di luar negeri di Indonesiapun GUnung Kidul tidak sendiri dalam mengkonsumsi makanan yang renyah ini karena sebut saja daerah semisal padang, Klaten ataupun pacitan juga sering menyantap makanan ini.

Buat anda yang penasaran dengan makanan belalang ini anda dapat menumkan belalang goreng ini tersebar di Gunung Kidul dengan mudah anda akan menemukannya.

Gunung kidul tidak hanya terkenal dengan masakan wisata alamnya saja namun juga kekayaan kulinernya.

Selain sering dicari oleh wisatawan belalang goreng ini sering diburu oleh pemudik bahkan jika waktu mudik permintaan bisa meningkat hingga tiga kali lipat.

Jika anda berniat memasak belalang goreng sendiri jangan gunakan gula merah atau kalau mau menggunakan gula jenis tersebut perhatikan benar-benar komposisinya karena apabila salah maka bisa menyebabkan belalang goreng buatan anda akan mudah sekali menjadi gosong.

BELALANG HALAL ATAU TIDAK ?

Meski memiliki rasa yang enak karena gurih dan juga renyah namun bagi anda yang muslim sebaiknya melihat dulu apakah hukum makan belalang ini halal, haram atau bahkan makruh. Karena bagi setiap muslim tidak cukup hanya bergizi ataupun enak namun juga selain itu harus tergolong ke dalam makanan yang halal. Belalang adalah binatang yang bisa hidup dengan cara di tanah ataupun terbang. Lantas Bagaimanakah hukum makan belalang dalam Islam ?

Nah untuk itu kita perlu melihat ke dalam dua sumber hukum Islam yaitu Al-Qur’an dan juga Hadits namun saya akan mencuplikkan satu hadits oleh seorang perawi hadits yang tsiqoh yang hidup di masa Imam syafii yaitu Imam Ahmad.

Rasulullah Saw bersabda, “Ada dua bangkai dan dua darah yang dihalalkan untuk kita. Dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah itu adalah hati dan limpa.” (HR. Ahmad, Syafi’i, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Daruquthni. Hadits dhaif. Tetapi Imam Ahmad menyatakan bahwa hadits ini shahih tapi mauquf).

Jika anda masih belum puas dengan hadits yang telah saya sebutkan di atas karena ada perbedaan pendapat mengenai derajat haditsnya saya akan menyampaikan hadits lain yaitu dari bukhari dan juga muridnya yaitu imam muslim.

Pada riwayat lainnya, dari Abdullah bin Abi Aufa ra, ia berkata, “Kami pernah berperang bersama Rasulullah Saw sebanyak tujuh kali peperangan, sementara kami hanya memakan belalang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pendapat Ulama

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di  mengatakan Halal.

Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengatakan Halal.

An-Nawawi mengatakan Halal.

Imam malik pun juga mengatakan tentang kehalalan tersebut.

Namun ada juga yang mengatakan belalang haram jika belalang tersebut beracun dan juga banyak memudhorotkan. Yang tentu saja itu bukan belalang goreng Gunung Kidul karena belalang yang di masak di kabupaten ini sudah teruji puluhan hingga ratusan tahun aman dikonsumsi manusia alias tidak beracun.

Nah sobat buat kamu yang muslim tentu tidak usah khawatir jikalau mau memakan belalang ini karena sudah saya tunjukkan dalil-dalil meskipun tentunya tidak semuanya namun apa yang disampaikan oleh Hadits sudah cukup bagi kita untuk tidak takut makan belalang karena hukumnya halal.

BUAT YANG ALERGI HATI-HATI

Seringkali kita mendengar bahwa ada orang yang setelah makan belalang mengalami alergi yang mana alergi tersebut muncul ketika keluar tanda dari tubuh ditemukannya adanya gatal-gatal atau bentoil-bentol atau yang dalam bahasa orang jawa bidur. Tak hanya itu bahkan ada yang vsampai sesak napas. Lalu bagaimanakah untuk mengetahui apakah kita alergi pada belalang atau tidak karena terbukti alergi belalang ini hanya ditemukan dalam beberapa orang saja tidak semua orang alergi,

Untuk mengetahui hal tersebut sebenarnya mudah yaitu salah satunya jika anda alergi terhadap udang laut atau juga seafood maka jangan makan belalang. Karena ada persamaan zat yang menyebabkan orang alergi seafood ini sama dengan zat yang menyebabkan alergi pada belalang.

Terima kasih sudah menyimak tulisan kami mengenai Belalang Goreng. Semoga bisa menjadikan pengetahuan tersendiri untuk memilih menjadi makanan favorit anda karena gizi dan rasa yang ada pada makanan yang satu ini sehingga buat anda yang sempat melakukan kunjungan ke kabupaten kami bisa mampir ke pusat oleh-oleh kami dan mencoba membeli makanan enak khas gunung kidul ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s