Sego Wuduk Ayam Kampung Cita Rasa Nikmat Warisan Budaya

 

Sego Wuduk 0146.jpg

Niela Sary Resto tahun ini telah meluncurkan menu barunya yang mengangkat citra warisan leluhur ke dalam menu masakan rumah makan yang dimilikinya. Menu itu adalah sego wuduk ayam kampung. Sebagai salah satu resto yang telah meraih banyak penghargaan tentu ini akan semakin mengangkat budaya kuliner Indonesia.

Harga : 10.000

Dengan harga yang ditawarkan yang hanya sebesar 10rb rupiah saja tentu akan sangat  murah mengingat bahan yang digunakan adalah daging ayam kampung berkualitas. Meski harga yang dibanderol cukup murah namun rasa yang dicap di lidah sangat enak serta memiliki karakter rasa tersendiri.

Tak mengherankan jika kemudian nasi uduk yang dimasak oleh niela sari ini banyak dari kalangan pejabat, hotel ataupun masyarakat menyantapnya sejak dimunculkannya.

Komposisi dan paduan sego wuduk yang disajikan oleh resto ini tentunya berbeda dengan nasi uduk yang disajikan oleh rumah makan yang menampilkan nasi uduk karena yang ada di sini merupakan sego wuduk dengan sajian dan rasa yang sangat etnik.

Keterangan Masakan

Untuk jenis menu ini anda bisa menikmati ayam kampung yang dipadukan dengan sego wuduk dengan ayam kampung yang ditambah dengan sambal serta lalapan yang berupa toge serta mentimun dan daun kemangi sehingga rasa yang dihasilkanpun terbilang sangat khas.

SEPUTAR PENGETAHUAN TENTANG SEGO WUDUK

IMG_3001

Menu ini sebenarnya diangkat sebagai masakan tentunya sudah sejak sangat lama oleh para leluhur hal itu ditunjukkan dengan setiap adanya acara-acara dan upacara adat menu masakan ini hampir selalu ditampilkan.

Makanya tak mengherankan kesan sebagai masakan upacara adat ini susah ditemui baik di rumah makan ataupun restoran sebelum kemudian ditampilkan oleh Niela Sary.

Rasa gurih yang dimunculkan oleh sego wuduk ini tentunya tidak terlepas dari kedua bahan yang digunakan dalam pembuatannya yaitu santan serta garam dalam pembuatannya.
Sego wuduk ini sebenarnya memiliki beberapa nama lain juga di dalam penyebutannya diantaranya sego gurih, sego wudlu, nasi uduk, serta nasi rasul.
Dinamakan nasi rasul karena nasi ini dimaksudkan digunakan sebagai ubo rampe yang ditujukan berkirim doa kepada Baginda Rasulullah SAW. Maklum saja jika hal itu terjadi karena orang jawa terbiasa selain memanjatkan doa juga seringkali mewujudkan doa itu ke dalam hampir semua bentuk dari makanan hingga bangunan yang kesemuanya memiliki arti dan harapan. Hal itu justru menambah kekayaan nusantara dalam hal kebudayaan.

Nah itulah tadi sekilas tentang salah satu jenis masakan Indonesia yang salah satunya sego wuduk yang ada di Gunungkidul sehingga bisa menjadi wawasan bagi anda atau anda bisa mencobanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s