SAMBAL BAWANG GUNUNGKIDUL YANG MAKNYUS WAJIB ANDA SANTAP

Sambal
Sambal Bawang Gunungkidul Niela Sary

 

sambal

Sambal Bawang – Sudah tidak perlu diperdebatkan lagi mengenai lidah orang Indonesia yang rata-rata sebenarnya doyan banget sama yang berhubungan dengan makanan pedas meski tidak ada yang suka kata-kata pedas. Hehe… Tentunya ketika kita membahas tentang jenis makanan yang satu ini tentu tidak bisa dipisahkan dari yang namanya sambal. Yang sering menemani kita di kala menyantap nasi dengan beragam lauk pauknya. Meski saat menyantapnya kita tentu kadang berkeringat dan membuat kita minum air lebih banyak tapi makanan yang satu ini memiliki daya pikat tersendiri sehingga kita selalu ingin lagi dan lagi. Termasuk saya juga termasuk yang hobi makan sambal dan pedas hampir tiap hari malahan. Terkadang makan kalau tidak menggunakan sambal rasanya tidak lengkap.

Di hampir setiap daerah di Indonesia tentunya menyimpan kekhasan sambal tersendiri  yang membuat anda bisa menikmati kunjungan dengan mencicipi sambalnya, Begitu juga di Gunung kidul yang menjadi salah satu destinasi wisata yang kaya akan objek wisata pun juga menyimpan kelezatan masakan sambal sendiri.

Sambel bawang menjadi salah satu kekhasan kabupaten yang pada 2017 dipimpin oleh Ibu Badingah sebagai Bupati ini. Kekhasan sambal ini telah memikat hati para pengunjung yang mencicipi masakan ini. Rasa pedas yang mantap dengan cabai rawit yang merah menggoda memberikan getar sensasi sendiri di lidah. Anda akan mendapatkan rasa pedas dan rasa yang lain ketika anda mencicipi sambal ini karena sambal jenis ini jarang bisa ditemui di tempat lain karena saya sudah sering bepergian ke luar kota ketika saya memesan sambal bawang ternyata yang disuguhkan berbeda dengan sambal bawang dari daerah saya dan saya baru sadar meskipun namanya sambal bawang dan seolah ada di berbagai daerah namun ternyata bumbu dan bahan yang digunakan lain sehingga ranya pun juga lain.

Cara membuat sambal bawang ini menggunakan bawang putih bukan bawang merah sedangkan cabai yang kami pakai adalah cabai merah yang memiliki rasa pedas yang mantab sedangkan untuk melembutkannya dengan diulek bukan dengan diblender. Tidak dibutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan sambal yang satu ini.

Sambal bawang sangat cocok apabila disandingkan dengan ayam goreng, empal tuna atau kicikan sapi. Dengan lalapan yang sesuai keinginan atau bisa juga lalapan diganti dengan kulupan atau gudeg dau pepaya bisa juga oseng.

Menikmati Sambal Bwang Di Niela Sary Resto

ibnu-jamil-adipati-dolken

Ibnu Jamil ( Kiri ) dan Adipati Dolken pun ketika di Gunung Kidul pun menyempatkan diri mencoba sambal bawang gunungkidul yang lezat di Niela Sary resto.

Terbukti di Niela Sary Resto Gunungkidul sambal yang satu ini seolah menjadi wajib dipesan oleh para pengunjung yang hadir dikarenakan banyak sekali yang merespon sambal ini dengan kata-kata mantab, maknyuss dan lain sebagainya yang menunjukkan kalau sambal khas ini di Niela Sary menjadi salah satu primadona. Sehingga baanyak pengunjung yang pernah berkunjung ke rumah maakan ini selalu balik lagi dengan  tetap memesan  sambal yang sama. Memang di Gunung kidul sambal mentah yang satu ini begitu sungguh populer sehingga hampir setiap masakan menjadi cocok didampingi olehnya. Untuk mencicipi sambal yang satu ini anda bisa datang ke Gunung Kidul dan mencicipi sambal bawang di Niela Sary Resto yang memiliki sambal bawang dengan rasa yang begitu melezatkan lidah kita.

sambal

Di sini anda dapat memilih berbagai sambal bawang beserta kombinasi lauknya yang sangat pas pilihannya pun sangat banyak sehingga banyak orang dari berbagai wilayah pun berdatangan untuk mencicipi sambal yang satu ini tentunya. Mulai dari pejabat, arti dan juga berbagai wisatawan domestik maupun asing kerap kali dijumpai di sini.

Kandungan Gizi Pada Sambal

Untuk melaihat kandungan gizinya sebaiknya kita melihat dulu bahan utama pembentuk jenis masakan ini agar mudah dalam melihat kandungan gizinya. Namun benarkah ada kandungan gizi di dalamnya ?

Cabai sendiri sebenarnya mengandung Vitamin C yang sangat tinggi bahkan jika anda membandingkannya dengan buah yang terkenal akan vitamin C nya yaitu buah jeruk tetaplah cabai lebih unggul kandungan vitamin C nya. Selain itu cabai rawit jika dibandingkan dengan buah yang sering kita konsumsi level betakarotennya lebih tinggi.Zat kapsaisin juga tidak luput terdapat dalam cabai di mana zat ini memiliki beberapa peran bagi kesehatan salah satunya mengencerkan lendir dan juga melegakan tenggorokan. Jenis cabai yang kami pakai adalah cabai jawa yang mana cabai ini sendiri mengandung unsur yang dapat menyembuhkan penyakit. Sedangkan untuk bawang putih dapat digunakan sebagai anti septik dan juga anti bakteri karena di dalam bawang jenis ini terkandung minyak astiri di dalamnya.

Nah itu adalah sedikit saja yang kami paparkan mengenai kandungan gizinya sebenarnya masih banyak lagi namun yang terpenting kita sekarang semua jadi tahu bahwa di dalam makanan yang seolah hanya kita anggap sebagai pelengkap ini ternyata terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh.

MENGENAL SAMBAL LEBIH JAUH

Di Indonesia sendiri jenis sambal ada berbagai macam, namun kalau kita melihat secara garis besar secara garis besar di Indonesiaada dua jenis yaitu :

  1. Sambal Matang

Sambal yang dalam proses pembuatannya dilakukan menggunakan unsur panas atau proses memasak tentunya dengan menggunakan api.

  1. Sambal Mentah

Sambal yang satu ini cenderung memiliki rasa yang lebih pedas karena dalam pembuatannya bahan-bahannya tanpa diolahlagi menggunakan proses pemanasan masakan.

Namun kalau kita mau melihat dari jenis yang spesifik sambal bisa dibedakan menjadi banyak dan dapat dilihat ke dalam tabel beberapa diantaranya.

  DAFTAR SAMBAL
 
  Sambal Andaliman
  Sambal Asem
  Sambal Bacang
  Sambal Bajak
  Sambal Bawang
  Sambal Belacan
  Sambal Belut
  Sambal Bongkot
  Sambal Cibiuk
  Sambal colo-Colo
  Sambal Dabu-Dabu
  Sambal Dadak
  Sambal Embe
  Sambal Goang
  Sambal Goreng Cirebon
  Sambal Goreng Ikan Asin
  Sambal Honje
  Sambal Ijo
  Sambal Kacang
  Sambal Kaluku
  Sambal Kecap
  Sambal Kemangi
  Sambal Kemiri
  Sambal Kenari
  Sambal Kentang
  Sambal Lado Mudo
  Sambal Lingkung
  Sambal Mangga
  Sambal Matah
  Sambal Oncom
  Sambal Parado
  Sambal Peda
  Sambal Pencit
  Sambal Petai
  Sambal Petis
  Sambal Roa
  Sambal Seruit
  Sambal Tempoyak
  Sambal terasi
  Sambal Terasi
  Sambal Teri
  Sambal teri Medan
  Sambel Terong
  Sambal Tomat
  Sambal  Tumis Kecap
  Sambal Tumpang
  Sambal Tutuk

Beberapa sumber jenis sambal kami ambil dari wikipedia tentang sambal.

Nah bagaimana sobat wisata ? banyak kan jenis-jenis sambal yang ada di Indonesia ini. Udah pernah nyobain satu-satu apa belom ? Pasti belum semuanya kan. Padahal belum semuanya kami sebutkan secara gamblang jumlah yang sebenarnya dari daftar Kuliner Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Sambel yang satu dengan yang lain nya tentu memiliki karakter cita rasa yang berbeda dan menambah banyaknya daftar panjang kuliner nusantara. Sungguh mengasyikan memang jika kita memiliki kesempatan untuk mengunjungi wisata alam dan kuliner di seluruh negri ini salah satunya adalah gunungkidul yang terkenal akan jumlah pantainya yang sangat banyak yaitu 109 buah dan juga air terjun yang berjumlah belasan sehingga apabila anda sempat pergi ke kabupaten ini silahkan mencoba menikmati sambal yang khas daerah ini yaitu sambal bawang khas kabupaten Gunung Kidul.

Tinggalkan komentar