Kicikan Sapi, Kuliner Enak Niela Sary Resto Gunung Kidul

kicikan sapi

kicikan sapi

Mengembangkan masakan-masakan yang bercita rasa Gunung Kidul sudah menjadi prioritas kami sehingga kami berupaya membuat standar-standar khusus dalam mengolah masakan khas ini sehingga menghasilkan rasa yang mampu memukau semua wisatawan yang berkunjung ke tempat kami.

Makanan ini semakin populer sejak menjadi buruan para pemudik dari penduduk Gunung Kidul yang biasanya merantau ke kota lain kemudian pulang ke tempat asalnya mereka rindu dengan kelezatan yang ada pada masakan yang satu ini sehingga kerap kali masakan ini habisludes terjual diborong oleh para pemudik. Wajar saja karena masakan khas tradisional ini selain memberi rasa enak kepada penyantapnya juga memiliki keunikan sendiri dari rasanya.

Meski animo yang cukup tinggi dari pada penggemarnya namun tidak mudah dalam menemukannya itulah salah satu pertimbangan yang kami ambil selain karena rasanya yang enak namun masakan yang satu ini cenderung sudah langka. Biasanya dijual di pasar tradisional namun itupun hanya 5 hari sekali kalau buka dikarenakan buka atau tidak sebuah pasar di gunung Kidul kebanyakan menggunakan perhitungan hari jawa sehingga hanya menggunakan satu hari dari jumlah hari yang 5 yaitu pon, pahing, wage, legi, atau kliwon. Itulah nama-nama pasaran di jawa. Sehingga untuk mengatasi kelangkaan terhadap masakan yang enak namun sudah langka kami mengolah serta menampilkannya di resto kami  untuk para pengunjung yang hadir.

Sekilas Mengenai Masakan ini

kicikan sapi khas pindul

Kicikan merupakan salah satu andalan kami yang meski baru diresmikan 2016 lalu sebagai salah satu pengisi daftar menu kami namun mampu menjadi salah satu primadona masakan yang benar-benar lezat dan pujian demi pujian pun terus kami terima dari masakan yang satu ini.

Masakan ini memang selain enak juga memiliki keunikan tersendiri jika anda melihat warna dagingnya serta kuahnya mungkin anda akan berpikir bahwa anda akan mengira bahwa rasa masakan ini menyerupai tongseng namun ternyata tidak, masakan ini tidak memiliki rasa yang sama dengan tongseng dan juga penyajian kuahnya pun hanya sedikit dan berfungsi untuk merasukkan bumbu ke dalam nasi sehingga nasi memiliki rasa yang lezat dan oleh karena kuahnya yang sedikit maka sangat pas dan enak apabila dikonsumsi dengan menyandingkannya dengan sambal bawang.

Selain di resto kami juga menjualnya di toko roti kami yang juga sekaligus pusat oleh-oleh di Gunung Kidul sehingga anda bisa mendapatkannya di toko roti kami juga. Untuk di toko roti kami menjualnya dengan harga 10.000 dengan porsi yang cukup banyak sehingga anda bisa puas menikmatinya.

Tentunya dengan harga segitu adalah harga yang sangat pas untuk anda nikmati, murah dan lezzat itulah makanan yang satu ini.

Kombinasi Penyajian Kicikan Sapi

Untuk menyantap kicikan sapi kombinasi yang paling pas untuk pendampingnya adalah dengan sambal bawang sehingga anda akan menemukan sensasi dan rasa berbeda yang nikmat khas sapi namun berpadu dengan sambal bawang yang pedas dan juga gurih.

Biasanya dalam penggunaan nasi yang digunakan untuk kicikan ini adalah dengan menggunakan nasi putih namun jika anda menghendaki untuk menggunakan nasi merah kami juga menyediakan untuk anda.

Bahan-Bahan Khusus Daging Sapi Pilihan Dalam Pembuatan Kicikan

Kami memilih dengan seksama akan bagian daging-daging yang kami gunakan dalam kicikan karena tidak semua bagian dari daging sapi dapat menghasilkan kicikan dengan rasa yang mantap. Salah satunya adalah harus menghasilkan rasa yang kenyil-kenyil di lidah. Itu menjadi salah satu rasa khas dari kicikan ini. Ditambah lagi sebenarnya hanya pada bagian daging tertentu yang dapat digunakan untuk membuat masakan yang satu ini. Dibutuhkan kehlian  khusus di dalam pembuatannya jika ingin menghasilkan rasa makanan yang benar-benar lezat.

Resep Kicikan Sapi

Kami memilih resep kicikan sapi ini mulai dari bahan hingga ke pengolahan yang khusus didukung dengan pemilihin bumbu yang tepat sehingga menghasilkan rasa yang enak. Dan temperatur yang kami gunakan untuk membuat kicikan ini tentunya berbeda dengan membuat masakan lain karena daging sapi jika pemasak tidak mengetahui seluk beluknya maka masakan yang dihasilkan cenderung alot. Sehingga kami memiliki cara tersendiri yang akan menghasilkan daging kicikan sapi yang empuk dan juga lezat.

Perbedaan Kicikan Dengan yang Biasanya

makanan khas goa pindul kicikan sapi

Biasanya kicikan ditampilkan dengan menggunakan daun jati di pasar namun karena pertimbangan kehigienisan makanan maka kami menampilkannya tanpa menggunakan daun tersebut karena prioritas kami bukan hanya makanan yang enak namun juga sehat. Sehingga dapat menjadi kebaikan bersama baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjangkarena makanan yang anda nikmati akan memberikan dampak di kemudian hari jika tidak mulai membiasakan diri untuk selektif dalam memilih makanan. Selain itu kami memilih dari mulai bumbuyang kami gunakan adalah bumbu-bumbu yang terpilih dengan baik sehingga dapat menghasilkan masakan yang menggugah selera dan entunya benar-benat maknyuz.

Kenapa Memilih Daging Sapi

Memang daging yang digunakan dalam membuat resep kicikan ini tidak melulu harus menggunakan daging sapi namun bagi kami karena pengunjung kami datang dari berbagai latar belakang dan juga usia yang berbeda kami memilih daging sapi karena cenderung lebih aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Sedangkan daging kambing banyak yang tidak mau memakannya karena alasan kesehatan salah satunya adalah penderita tekanan darah tinggi. Sehingga untuk memenuhi standar yang kami terapkan bahwa menu yang kami sajikan harus enak, higienis dan juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja maka kami memilih daging sapi untukkami olah menjadikicikan sapi.

Sekilas Tentang Kicikan Sapi Makanan Khas Goa Pindul

Tentunya bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke goa pindul tentunya sudah tidak asing lagi mengenai suasana dan keindahan alam yang ditampilkan oleh si pindul ini. Namun ketika saya tanyakan kepada beberapa orang tentang makanan apa yang khas yang bisa dimakan yang merupakan khasnya pindul ? Kebanyakan dari mereka tidak tahu.

Masakan yang satu ini berasal dari salah satu kecamatan di Gunung Kidul yaitu karangmojo sebuah kecamatan yang juga memiliki beberapa destinasi menarik salah satunya adalah goa pindul sehingga jika anda ingin mencari atau menyantap makanan khas goa pindul maka anda sebaiknya perlu mencicipi masakan yang satu ini.

Itulah tadi sekilas tentang kicikan sapi salah satu masakan andalan Gunung Kidul yang memiliki rasa yang istimewa. Sehingga tak jarang penggemar masakan ini berasal dari orang-orang yang jauh tinggalnya atau luar gunung kidul. Meski terkesan sebagai masakan yang sederhana namun masakan yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri dengan kesan tradisionalnya yang justru menunjukkan identitas Gunung Kidul yang sederhana namun istimewa. Penikmat kicikandi rumah makan kami juga tak melulu datang hanya dari dalam negri saja namun juga datang dari mancanegara. Mempopulerkan masakan tradisional Indonesia kepada semua orang adalah tujuan kami sebagai salah satu putra-putri yang asli lahir dan dibesarkan di Gunung Kidul ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s