INILAH MASAKAN KULINER KHAS JOGJA SELAIN GUDEG YANG PATUT ANDA NIKMATI KELEZATANNYA

selain-gudeg

Buat anda yang pernah ke jogja tentu sudah pernah mencicipi masakan khas yang satu ini. Yaitu gudeg, makanan yang dibuat daari bahan nangka muda ini memang menampilkan rasa manis ketika berada di lidah kita. Meskipun tak selalu benar jika mengatakanbahwa gudeg selalu terbuat  dari nangka  muda atau bahawa jawanya gori karena pada kenyataannya gudeg jogja jugaada yang diolah dari jantung pisang yang rasanya tak kalah mantab. Dan saya sendiri lebih menyukai gudeg jantung pisang. Namun bagi pelancong luar kota atau bahkan luar sudah terlalu akrab dengan makanan yang satu ini. Dan menjadikannya seolah ikonik kota jogja yang sebenarnya jogja sendiri memiliki sangat beragam jenis masakan khas yang patut kita coba. Namun kalau mau lebih jeli melihat sebenarnya di jogja tidak hanya kaya akan masakan tradisionalnya saja namun juga minuman khas jogja bisa dibilang sangat amat beragam sekali yang rasanya tak hanya nikmat namun juga lebih menyehatkan.

Makanan dan minuman khas ala nusantara saat ini tak hanya menjadi sekedar pelengkap pariwisata semata namun menjadi magnet tersendiri yang menjadikannya salah satu penopang daya tarik kepariwisataan Indonesia. Sehingga diharapkan mampu menambah lapangan kerja dan juga pendapatan negara melalui sektor pajak sehingga kita seharusnya ikut meramaikannya dengan lebih mencintai khasanah kuliner indonesia dan juga wisata alamnya agar jangan sampai kelak kita bertanya tempat dan kuliner enak di Indonesia justru kepada wisatawan asing yang lebih exited dengan kepariwisataan kita.

Nah, kali ini kami akan memposting Kuliner enak di jogja selain gudeg karena anda pasti sudah tahu tentang gudeg itu seperti apa sehingga kali ini lain dari yang lain kami akan menginfokan info yang lebih berbeda dengan biasanya tentang Kuliner yogyakarta.

Beberapa masakan itu adalah diantaranya yang akan saya tulis di bawah ini sehingga bisa menambah wawasan anda dalam mengenal masakan daerah jogja yang lezat-lezat. Cobalah beberapa masakan di bawah ini jika anda sedang berkunjung ke jogja.

Hubungi Kami
Telepon :
0274 392420
Sms :
0822 2190 5522
Pin BB
5A09C36A
Alamat :
Jl. Wonosari-Yogya Km.2,5, Siyono, Playen, Gunungkidul

 

  1. Sayur Cabe Hijau

Dalam lidah jawa disebut sebagai sayur lombok ijo. Masakan ini berkuahkan santan. Dengan irisan cabe hijau yang diiris agak tebal sehingga selain menimbulkan rasa pedas namun juga menjadi penghias cantiknya tampilan sayur yang satu ini. Tak hanya itu kini di sini masakan sayur cabe hijau kalengan juga telah diproduksi oleh Niela Sary Resto sebagai oleh-oleh khas jogja selain bakpia. Hebatnya dalam produksi masakan ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet namun bisa bertahan hingga satu tahun tanpa mengubah rasa lezatnya.

  1. Kicikan sapi

Masakan ini adalah masakan khas dari pedesaan yang meskipun berasal dari pedesaan di jogja namun rasanya bisa dibilang istimewa. Dalam penyajiannya dikombinasikan atau didampingi dengan sambal bawang. Bagi anda pecinta masakan daging mencicipi masakan yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Jika anda pernah ke goa pindul jogja masakan ini termasuk ke dalam makanan khas pindul. Masakan ini di resto kami jual atau banderol dengan harga 10.000-20.000 tergantung porsi yang diinginkan. Karena ada yang memang menyukai porsi standar namun ada juga yang menghendaki porsi jumbo karena memang sudah menjadi pecinta masakan ini.  Yang membuat masakan ini berbeda adalah sensasinya yang lain ditemukan rasa kenyil-kenyil dalam masakan ini.

  1. Sayur Brongkos

Sayur yang satu ini memiliki rasa yang khas agak manis namun tidak terlalu manis dan juga terdapat tahu yang diiris menyerupai dadu kotak-kotak ditambah potongan daging sapi yang mantap.

  1. Gudeg Daun Pepaya

Apa yang anda pikirkan tentang rasa daun pepaya ? Jika anda mengira bahwa daun pepaya memiliki rasa yang pahit maka anda harus bertaubat.hehe…. becanda, maksud saya anda harus mencoba masakan yang satu ini karena masakan yang satu ini memiliki rasa yang tidak pahit sama sekali. Bahkan di resto kami sempat ada turis dari negara tetangga sebelah yaitu malaysia kenapa daun pepaya yang diolah menjadi masakan ini sama sekali tidak terasa pahit.

  1. Nasi Merah

Nasi yang satu ini selain memiliki warna yang unik yaitu merah agak-agak cokelat ini selain warnanya saja yang merah nasi ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Sehingga mengkonsumsinya setiap hari adalah bagus buat kesehatan kita.

  1. Gudeg jantung Pisang

Jantung pisang atau yang setring disebut dengan onthel pisang ini memang seolah kurang mendapat perhatian lebih untuk dijadikan masakan. Namun jangan salah jantung pisang memiliki rasa yang enak jika dimasak dengan benar salah satunya dibuat menjadi gudeg jantung pisang. Gudeg jenis ini tergolong ke  dalam jenis gudeg basah karena memiliki cukup banyak kuah.

  1. Thiwul

Bagi yang pernah berkunjung ke Gunungkidul Yogyakarta tentunya masakan ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Masakan yang satu ini terkenal sebagai salah satu masakan khas yang berasal dari gunungkidul jogja. Terbuat dari bahan singkong. Cocok dimakan dalam jenis lauk kering tanpa kuah. Dapat juga diberi bumbu nasi goreng kemudian anda goreng layaknya anda menggoreng nasi. Masakan yang satu ini dapat membuat perut anda merasa kenyang lebih lama lantaran mengandung serat yang cukup tinggi serta karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya.

  1. Oseng Bunga Pepaya

Sama seperti daun pepaya masakan ini juga dapat diolah agar rasa pahitnya hilang dan ketika rasanya hilang masakan yang satu ini memiliki rasa yang sangat enak sembari menikmatinya dengan sambal dan juga ayam goreng membuat masakan ini terasa yummy banget.

  1. Sambal Bawang

Tergolong ke dalam jenis sambal mentah sambal yang satu ini memang merupakan sambal yang legendaris memiliki rasa yang gurih dan juga enak. Coba deh pasti anda ketagihan dengan sambal yang satu ini. Berbeda dengan cabai yang igunakan  pada sayur lombok ijo, sambal Bawang ini yang baik yang terbuat dari cabai riwit merah karena rasanya lebih enak.  Salah satu yang sangat saya rekomendasikan untuk anda jika anda berada di jogja anda sebaiknya mencoba sambal yang satu ini.

 

Banyak turis asing pun ternyata juga sangat menyukai sajian khas ini tak jarang kami temui pengunjung berasal dari luar negri yang mengatakan bahwa masakannya enak di Resto kami. Sehingga sebaiknya anda pun mencoba agar tidak penasaran dengan masakan ini.

Tentunya selain mengenyangkan dari rasa lapar resep-resep masakan tradisional ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh kita. Back to nature atau kembali ke alam istilahnya mari kita peduli dengan kesehatan dengan mengkonsumsi masakan-masakan yang alami.

Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan bagi anda yang ingin mencicipi masakan kuliner jogja yang rasanya mantab sehingga anda bisa lebih menikmati perjalanan anda i kota ini serta menambah khasanah pengetahuan terhadap masakan khas jogja yang bisa anda bagi pengalaman anda kepada teman-teman anda yang tidak ikut dalam  perjalanan anda ke jogja.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar