WEDANGAN TEH NASGITEL DI GUNUNGKIDUL

teh-poci

Teh Poci Dengan Cangkir Dan Teko yang Terbuat dari Tanah

img_2720

Orang jawa atau jogja pada umumnya termasuk di dalamnya Gunungkidul sepertinya sulit dilepaskan dari aktifitas yang satu ini, yaitu wedangan. Menikmati tehyang kadangkala orang jaman dahulu sambil mendengarkan suara burung atau sambil mengobrol bersama kerabat membahas apapun dari mulai sekedar bersilaturahmi hingga bercerita tentang apa saja yang bermuatan santai. Rutinitas seperti ini bahkan sampai dijadikan rutinitas harian bagi mereka yag sudah tua karena mereka cenderung memiliki waktu luang di pagi hari. Namun yang masih mudapun juga tak ketinggalan melakukan aktifitas wedangan ini di kala waktu senggang mereka. Budaya seperti itu sudah berlangsung cukup lamasejak puluhan bahkan beberapa abad yang silam.

Pengunjung setia yang datang ke Niela Sary Resto  sebagai tempat wisata kuliner di jogja gunungkidul tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu minuman yang satu ini. Teh yang satu ini memang terasa begitu istimewa karena diracik dan disajikan dengan kekhasan jawa gunungkidul yang begitu kental. Mulai dari teko dan cangkirnya pun masih mengikuti pakem wedangan tradisional yaitu terbuat dari tanah liat. Minum teh dengan cara ini dirasakan oleh banyak orang menimbulkan sensasi dan rasa tersendiri di banding dengan gelas-gelas kaca. Namun bagi anda yang menginginkan meminum teh panas dengan sajian gelas kaca maka bisa dilayani disajikan dengan gelas kaca.

Ketika anda sedang perjalanan ke gunungkidul untuk melakukan liburan atau untuk sekedar lewat jangan lupa mampir ke Niela Sary resto karena merupakan salah satu tempat nongkrong enak di jogja Gunungkidul meski hanya untuk meneguk segelas teh sembari beristirahat agar dapat berkonsentrasi kembali dalam melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang kembali bugar.

Teh yang disajikan di Niela sary merupakan teh yang diracik sesuai standar rahaasia dagang yang merupakan  teknik yang membuat dan  menampilkan teh dengan cara khas yang menghasilkan teh yang nikmat serta memenuhi kriteria sebagai  teh yang Nasgitel ( Panas, legii, kentel) . Nasgitel menjadi salah satu ciri dalam hasil racikan teh yang menjadi ciri orang jawa. Jadi tidaklah lengkap jika tidak mencicipi teh semacam ini. Panas : artinya disajikan dalam keadaan panas, legi : artinya manis Kentel : artinya kental.

Di sana juga ada ruang istirahat bagi anda yang benar-benar ngantuk di perjalanan semisal anda sendiri yang menyetir dan membutuhkan sedikit istirahat resto ini menyediakan tempat tidur gratis untuk anda istirahat dan memulihkan stamina. Anda akan dilayani oleh karyawan-karyawan yang ramah di resto ini.

Tingginya Filosofi Makna Dalam Akar Kata ‘Wedangan’

Orang jawa khususnya Gunungkidul memiliki sebuah kebiasaan yang sudah sangat melekat di dalam kehidupan sehari-harinya yaitu wedangan. Tidak hanya bermakna minum teh namun wedangan yang berasal dari kata wedang memiliki arti yang lebih mendalam yaitu artinya adalah berasal dari kata ngawe kadang ( disingkat wedang ) dalam bahasa jawa ngawe artinya memanggil sedangkan kadang berarti saudara, kerabat atau saudara. Dalam pemaknaan jawa saudara atau sedulur tidak hanya merujuk pada saudara kekerabatan keluarga namun juga orang yang di hatinya memiliki kedekatan dengan kita oleh karenanya dalam pidato orang jawa dalam berbagai pidato resmi orang jawa sering menyapa hadirin dengan sebutan ‘poro sederek sedoyo’ atau saudara sekalian. Maka dari itu aktifitas minum wedangan ini lebih identik dilakukan secara bersama-sama dengan teman atau saudara, kerabat jauh atau siapapun yang menambah kenikmatan dan keakraban masing-masing individu. Sehingga mengartikan wedangan hanya sebagai minum teh semata sesungguhnya telah sedikit melunturkan pemaknaan sesungguhnya mengenai filosofi wedangan itu sendiri. Karena wedangan lebih tepat dimaknai minuman penjalin persaudaraan. Wedangan sebenanarnya tidak selalu identik dengan selalu teh bisa juga kopi atau yang lain namun tetap identik dengan minuman yang disajikan dalam keadaan panas. Karena minuman yang disajikan panas akan membuat si penikmat minuman itu tidak bisa menghabiskannya dalam waktu sesaat atau langsung dan meminumnya secara sedikit-sedikt dan membuat berlama-lama sehingga membuat durasi yang lama untuk sembari menunggu minumannya tidak terlalu panas orang-orang akan menunggunya sembari mengobrol dengan orang yang bersamanya. Meski memang tidak dapat dipungkiri bahwa di Gunungkidul khususnya kata wedangan lebih identik dengan minuman teh panas.

Menggunakan gula batu

Gula yang digunakan dalam teh poci ini adalah gula batu namun demikian anda tetap bisa request apabila menginginkan gula pasir pun tetap bisa sesuai selera anda. Apa sih perbedaan yang ada pada gula batu dengangula pasir ? Selain daripada rasanya yang memiliki karakteristik yang berbeda ternyata gula batu atau dalam lidah orang inggris disebut sebagai rock sugar ini yang dibentuk dengan cara proses kristalisasi ini lebih mudah dijadikan energi oleh pankreas kita jika dibandingkan dengan gula pasir. Sehingga dari sudut pandang ini bisa kita katakan bahwa gula batu lebih menyehatkan apanila dibandingkan dengan gula pasir biasa. Namun tetap mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan batas.

Mengapa kami memilih gula batu dibanding dengan gula pasir ?

Karena khas minum  tradisional teh di gunungkidul masyarakat sejak puluhan tahun sudah terbiasa ngeteh dengan kombinasi gula batu. Dinilai ngeteh dengan cara ini terasa lebih nikmat.Selain itu gula batu tergolong lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir ternyata juga lebih menyehatkan.

Sejarah Teh

Meski berasal dari tiongkok namun tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan minum teh telah merambah ke berbagai penjuru dunia dalam waktu yang sudah cukup lama. Namun yang terasa begitu spesial adalah ternyata teh ditemukan di daerah yang mana konon tempat itu adalah tempat asli nenek moyang bangsa Indonesia berasal yaitu di Propinsi Yunnan. Di indonesia sendiri teh pertama kali dikenal adalah di tahun 1684. Orang pada jaman  dahulu kala sering menggunakan  teh untuk sarana pengobatan bahkan dengan mengkombinasikan dengan tanamanlain semisal jahe.

Bagi orang china teh merupakan salah satu minuman yang ibaratnya wajib untuk dinikmati bahkan ada istilah “lebih bagus hidup dalam 3 hari tidak memakan makanan dibandingkan hidup dalam satu hari namun tanpa meminum teh”.

Kandungan Zat Yang Terdapat dalam Teh

  1. Essential oil

Inilah salah satu zzat yang ikut berperan di dalam menghasilkan aroma khas saat kita menikmati teh yang dihhasilkan dari proteinnya.

  1. Polifenol

Zat yang satu ini adalah salah satu jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kafein

Zat yang satu ini sangat identik dengan kopi namun ternyata zat ini juga terdapat dalam teh meskipun dalam kadar yang berbeda.

  1. Flavonoids

Zat yang satu ini bisa membantu kita manurunkan kadar LDL dalam tubuh serta kemungkinan pembekuan darah yang ada di arteri.

Manfaat Teh Bagi  Kesehatan

Di balik nikmatnya segelas teh yang biasa kita minum sehari-hari ternyata kita juga bisa mendapatkan kemanfaatan dari teh yang kita minum. Beberapa manfaat itu diantaranya adalah :

  1. Teh dapat membantu anda menurunkan berat badan atau obesitas

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang dan tak jarang sebagian orang menghabiskan banyak biaya untuk mendapatkannya.

  1. Membantu kita agar dapat menurunkan Tingkat Resiko terhadap penyakit stroke dan juga jantung
  2. Menjaga kesehatan tulang kita
  3. Mencegah terkena penyakit kanker
  4. Menjaga dan juga membantu kita meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita
  5. Menangkal dan melawan radikal-radikal bebas yang ada dalam tubuh kita
  6. Dapat digunakan untuk mencegah penyakit diabetes

Bagi mereka yang menderita diabetes tentu tidak boleh serampangan  dalam memilih makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan tubuh mereka. Namun jika anda menyukai minum teh tentunya itu adalah pilihan tepat untuk mencegah penyakit yang satu ini. Yang sangatperlu untukdiperhatikan bagi penderita diabetes adalah penggunaan gula yangdigunakan untuk minum teh adalah menggunakan kula khusus diabetes agar efek dari teh untuk menurunkan diabetes ini dapat memberikan kemanfaatan dengan baik.

  1. Menghilangkan atau mengurangi ngantuk

Selama ini stigma kita sering menyangkutkan minuman agar tidak ngantuk adalah kopi namun ternyata teh juga memiliki efek yang sama dengan hal itu. Bisa dibilang minuman ini adalah minuman anti ngantuk. Lebih baik lagi jika teh diseduh dengan air yangbenar-benar panas karena hal itu akan membantu mengaktifkan kembali syaraf-syaraf yang sebenarnya sedang kelelahan yangmengakibatkan ngantuk. Selain itu efek mengurangi ngantuk yang terdapat pada teh juga didukung dengan adanya kandungan kafein yang terdapat di dalamnya jadi jika anda memang berniat mengurangi ngantuk dengan teh jangan menggunakan teh yang tanpa kafein karena justru akan menyebabkan sebaliknya tubuh anda akan menjadi rileks dan malah mudah tertidur. Sehingga bisa membantu tubuh agar lebih segar kembali.  Namun sebaiknya apabila anda benarbenar lelah apalaggi anda mengendarai kendaraan janganlah memaksakan diri namun beristirahatlah dan cari tempat yang bisa digunakan untuk tidur sejenak karena tubuh perlu istirahat.

  1. Menjaga kesehatan gigi

 

Jenis-Jenis Teh

Teh Sebenarnya terdiri dari banyak varian. Namun untuk teh  putih, teh hitam, teh hijau maupun teh Oolong berasal dari tanaman yang sama yaitu tanaman yang diberi nama Camellia Sinensis.

  1. Teh hijau

Teh yang satu ini pasti sudah lumayan akrab di telingakita karena sering didengung-dengungkan dalam berbagai iklan bahwa teh jenis ini adalah teh yang efektif untuk menurunkan berat badan dan cocok untuk menurunkan berat badan. Teh ini jika diseduh akan menghasilkan warna kehijauan pada air seduhan. Kadar kafeinnya dalam teh jenis ini terbilang cukup kecil apalagi apabila dibandingkan dengan teh hitam dan bisa dikatakan apabila anda mau sering-sering minum teh jenis ini terbilang relatif aman meskipun dalam jumlah yang banyak. Meski awal kali teh ditemukan di China namun teh jenis ini sebenarnya lebih membudaya di Jepang kebiasaan minum teh di Jepang mungkin akan didominasi oleh jenis teh ini. Mungkin bagi anda yang kebetulan seorang penikmat teh hijau mungkin anda bisa mencoba gyokuro yaitu jenis daripada teh hijau yang dibuat dengan pilihan daun teh high class atau kelas atas Teh jenis ini memiliki aroma yang sangat wangi sehingga tak jarang ketika menyaksikan film jepang mereka terlihat seolah sebelum meminum teh mencoba mencium bau dari asap teh ini. Teh jenis ini kabarnya dipilih dari dari bagian daun teh yang hampir tidak pernah terkena sinar matahari sehingga mampu menghasilkan aroma yang wangi dan juga sedap ketika kita menciumnya. Ada dua sebenarnya jenis teh ini yang masuk dalam kategori berkelas selain Gyokuro  ada juga  matcha yang biasanya digunakan pada upacara minum teh di Jepang.

  1. Teh hitam

Teh jenis ini relatif lebih mengandung kafein dibandingkan dengan jenis teh lain. Sehingga bagi anda yang aleergi terhadap zat yang satu ini anda bisa memilih jenis teh yang lain yang lebih rendah kadarnya.Teh jenis ini sebenarnya lebih populerdisebut dengan sebutan  teh merah, hal itu tentunya merujuk pada penglihatan bahwa warna hasil seduhannya lebih seperti demikian.

  1. Teh flavored
  2. Teh Herbal
  3. Oolong tea

Mungkin ketika kita melihat film china kita sering melihat adegan meminum teh di retoran dan mungkin juga ada dari kita berpikir teh jenis apa yang menjadi suguhan di restoran di film mandarin tersebut. Dan pada kenyataannya teh yang menjadi suguhan di restoran-restoran di china adalah jenis teh Oolong ini. Biasanya teh jenis ini disuguhkan di restoran Tionhoa yang mana di restoran tersebut mengidangkan dim sum / masakan china lainnya sebagai menunya. Sama seperti teh putih daerah yang terkenal dengan teh ini berasal dari fujian. Anda mungkin akan bertanya bagaimanakah dengan rasa teh ini ? Teh yang satu ini bisa dibilang memiliki rasa yang sangat unik, sebetulnya teh ini memiliki rasa yang pahit namun uniknya setelah kita meminumnya akan meninggalkan rasa sedikit manis di lidah kita. Selain keunikan yang ada pada rasa teh, warna dari teh ini juga tidak kalah uniknya karena memiliki warna hitam sekaligus agak kehijauan. Jadi teh oolong memiliki warna antara hijau dengan hitam. Bagaimana, unik kan teh yang satu ini ?

  1. Teh Putih

Ketika berbicara  tentang kafein yang ada ada teh tentusudah dijelaskan tadi bahwa teh hijau memiliki kadar yang lebih rendah dibanding degan teh hitam namun ternyata teh putih memiliki kaandungan  kafein yang sebetulnya lebih rendah daripada teh hitam dan juga teh hijau. Hal itu disebabbkan karena di dalam teh jenis ini terkandung daun teh serta bunga yang masih muda  dimanamemiliki kadar kafein yang lebih rendah. Pada jenis teh ini daun teh ternyata belum melewati proses baik proses oksidasi maunpun  pengawetan. Jangan terkejut apabila anda meilihat banderol harga pada jenis teh ini karena teh jenis ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan teh hijau ataupun dengan teh yang biasa kita minum. Hal itu mungkin salah satunya teh ini dalam jangka waktu paling tidak selama satu tahun hanya boleh dipetik dalam tiga hari cara memetiknya pun harus hati-hati sehingga tidak dibenarkan memetiknya dengan cara yang serampangan. Itupun hanya boleh dilakukan apabilamusim yang ada adalah musim semi. Selain itu Provinsi Fujian yang menjadi penghasil utama teh ini. Teh jenis ini memang cukup istimewa mengingat salah satunya memiliki kadar antioksidan yang terdapat dalam jenis teh ini mencapai tiga kali lipat dibanding dengan teh yang biasa kita minum dalam kebiasaan sehari-hari. Teh jenis ini sesungguhnya memiliki banyak varian.

 

Nah itulah tadi sedikit info dari kami berkaitan dengan wedangan khas orang jawa yang sangat identik dengan teh di Niela Sary Resto beserta kandungan gizi di dalamnya sehingga dapat menambah wawasan kita mengenai teh. Sehingga menjadikan pilihan bagi anda untuk memilih wisata kuliner gunungkidul yang tepat untuk anda beserta keluarga atapun rombongan.

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s