Sayur Lombok Ijo Kemasan, Primadona Oleh-Oleh Khas Gunungkidul

Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul Kemasan Niela Sary

img_2759

Perusahaan : Niela Sary
Alamat pusat oleh oleh : Jl. Pramuka No. 10 Pandansari, Wonosari, Gunungkidul. Telp : ( 0274 ) 392 420
Jenis Masakan : Sayur Lombok Ijo
Berat Bersih : 200 gram.

Komposisi : Tempe, Krecek, Lombok Ijo, Bawang Putih, Bawang Merah, Kemiri, Garam, Santan Kelapa.

Nutrisi :
Air, 71,4
Lemak 10,2
Protein 6,6

Sekilas Tentang Sayur Cabe Hijau

Sayur yang satu ini memang merupakan salah satu jenis sayur yang menjadi khas daerah Gunung Kidul/ Merupakan suatu resep yang sudah dikembangkan secara turun-temurun. Sayur lombok ijo merupakan salah satu icon masakan khas kabupaten gunungkidul. Jadi jika anda ke gunungkidul tidak mencicipi sayur yang satu ini rasanya belum lengkap kunjungan anda ke Gunungkidul.

Mungkin ada sebagian kita berpikir mengapa cabai yang digunakan selalu menggunakan cabai hijau bukan cabai merah. Nah cabai hijau sendiri memiliki warna yang terkesan segar ketika disajikan sehingga tak hanya memberikan rasa pedas semata namun juga memberikan nilai estetis memperindah sayur yang sudah melegenda ini.

Sayur Cabe Hijau ini tak hanya enak ketika disantap dengan nasi merah, nasi putihpun juga sangat pas digunakan untuk menyantap sayur ini. Ditambah lagi beraneka lauk bisa juga ditambahkan dengan menjadi pendamping seperti ikan tuna, ayam goreng, dan lain sebagainya. Atau bahkan ditambah dengan gudeg daun pepaya pun juga oke. Jadi buat anda yang sempat ke Gunung Kidul anda bisa mampir untuk membeli oleh-oleh yang satu ini.

 

Pengembangan Menjadi Oleh-Oleh

Mendengar kata sayur mungkin anda tidak akan menyangka bila masakan yang satu ini dapat digunakan sebagai oleh-oleh apalagi tanpa bahan pengawet. Namun di gunungkidul masakan sayur lombok ijo masakan khas gununungkidul tersebut melalui tangan dingin pemilik Niela Sary dapat disulap menjadi oleh oleh dalam kemasan kaleng.

TAHAN LAMA TANPA BAHAN PENGAWET

Syarat bisa tidaknya makanan dijadikan sebuah oleh-oleh adalah ketika sebuah makanan dibawa pulang ke kota asal makanan itu masih bisa dikonsumsi oleh keluarga atau kerabat. Namun mendengar kata sayur dan juga tanpa pengawet mungkin anda akan berpikir bahwa masakan yang satu ini tidak bisa dijadikan salah satu oleh-oleh karena jangka waktu bertahannya tidak akan lama. Tapi anda tenang saja karena meski tanpa bahan pengawet namun masakan yang satu ini mampu bertahan hingga satu tahun bahkan rasa yang ada pada sayur lombok tersebut tidak ada perubahan dan tetap enak ketika disantap. Hal tersebut terjadi karena penggunaan teknologi yang mutakhir.

Teknologi tak hanya membantu dalam bidang informasi saja namun juga berguna bagi para pelaku kuliner meningkatkan kualitas serta menciptakan masakan yang sehat dan juga mampu bertahan lama. Hal itu memang tak terlepas dari sikap tanggap informasi dari masing-masing pelaku usaha.
Oleh-oleh sayur lombok ijo khas gunungkidul ini tinggal menghangatkan jika anda mau memakan dalam keadaan hangat. Namun jika anda mau langsung menyantapnya anda bisa langsung mengonsumsinya. Niela Sary adalah pusat oleh oleh gunungkidul yang sudah berdiri sejak 1993 jadi tidak perlu meragukan tentang kwalitas makanannya dan juga rasanya.

Makanan ini juga sangat cocok bagi siapa saja bahkan kalau anda memang orang yang suka berpetualang dan kemudian anda berada di atas gunung selama berminggu-minggu pun anda dengan mudah tanpa perlu memasak lagi anda bisa menyantap sayur ini sehingga sangat praktis. Namun buat anda yang menginginkan makan dengan kondisi hangat anda bisa menghangatkannya dulu.

Rasa Sayur Lombok Ijo

Rasa yang enak dari sayur yang satu ini merupakan kolaborasi yang pas yang dibentuk antara rasa manis dan sekaligus gurih pada masakan ini. Dan tentu saja sudah teruji keenakan rasanya ketika Niela Sary resto menampilkannya pada perlombaan memasak tingkat propinsi maka masakan ini pernah membuat resto itu meraih juara I piala menteri.

Bagaimana Dengan Kandungan Gizi Yang Ada Pada Sayur Lombok Ijo

Untuk melihat kandungan gizi yang ada pada masakan ini tentu kita harus melihat dulu bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam masakan yang satu ini.

Tempe

Tentunya dengan bahan pangan yang satu ini kita tidak akan lagi bingung dan bertanya apa itu tempe karena tentu kita semua pernah mencicipi makanan yang berbahan dasar dari kedelai yang kemudian difermentasikan ini. Selain sebagai sumber pangan tempe ini mengandung protein nabati yang diperlukan tubuh, namun bukan saja hanya itu ada juga zat besi, vitamin B, kalsium, lalu juga ada serat pangan. Tempe yang biasa digunakan dalam memasak sayur lombok ijo ini biasanya disajikan dengan potongan-potongan tipis agak kotak.

Cabai Hijau

 

Santan

Cairan yang berasal dari perasan daging kelapa baik dengan pembahan air atau tidak yang berwarna putih kental susu ini memang seringkali digunakan menjadi bahan masakan di Indonesia. Namun sebenarnya cairan yang satu ini juga sering sekali ada pada minuman-minuman tradisional. Memang tidak terbantahkan jika santan merupakan salah satu resep ampuh dalam membuat suatu masakan enak.

Sedikit penjelasan kami mengenai sayur lombok ijo ini semoga menjadikan kita tahu mengenai sayur Nusantara yang kaya akan rasa yang enak dan lebih membuat kita mencintai produk dalam negeri dan juga lebih menghargai warisan nenek moyang kita yang salah satunya ada pada khasanah kuliner nusantara.

 

Sayur Lombok Ijo Kuliner Khas Wonosari Gunungkidul

Ketika sudah disajikan sayur lombok ijo seperti gambar di atas.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s